Sekilas Tentang LKDP

Bismillahirrohmanirrohiim

Sejalan dengan kian meningkatnya ruang partisipasi publik dalam proses pembangunan, maka dirasakan betapa pentingnya keberadaan lembaga kajian pembangunan yang bersifat independen. Lembaga Kajian Pembangunan Daerah (LKPD) – Institute for Regional Development Studies (IRDeS) ini didirikan sebagai salah satu bentuk kepedulian dan partisipasi publik.

Sejak didirikan tanggal 10 November 2007, LKPD – IRDeS telah mengalami pasang surut, namun secara umum telah mendapat dukungan, apresiasi, dan harapan dari elemen masyarakat. Hal itu terbukti, dalam waktu yang relatif singkat LKPD telah melaksanakan berbagai kegiatan Advokasi, Kajian, Talk Show, dan survey-survey secara profesional. Mulai tahun 2015 LKPD telah dialkukan restrukturisasi kepengurusan dan telah memperluas program nya, dengan menambahkan BIMTEK dan pelatihan bagi eksekutif dn legislative daerah. Penambahan ini dimaksudkan untuk lebih memperluas jangkauan kegiatan sesuai dengan visi dan misi LKPD.

Setelah dilakukan restrukturisasi, maka mulai tahun 2016 LKPD akan kembali aktif dalam berbagai kegiatan, sesuai dengan program yang telah di tentukan. Dengan dukungan tenaga ahli yang kompeten dan memiliki intergritas yang tinggi insyaAllah peran dan kipran LKPD dalam mendorong pembangunan daerah dan daya saing daerah dapat lebih baik.

Read More

Visi & Misi

Visi

Menjadi lembaga kajian pembangunan daerah yang berpengaruh, amanah dan profesional untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan daya saing daerah di Indonesia.

Misi

  • Melaksanakan berbagai kajian dan penelitian pembangunan yang komprehensif dan berkualitas;
  • Melakukan capacity building dan menyelenggarakan pendidikan dan latihan untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas SDM daerah;
  • Menjadikan hasil kajian agar menjadi rekomendasi yang kuat & konstruktif bagi pemerintahan daerah;
  • Mendorong terciptanya good corporate governance bagi pemerintahan daerah di Indonesia.

Organisasi

Lembaga Kajian Pembangunan Daerah (LKPD) memiliki organisasi sebagai berikut.


Pengurus LKPD:
Ketua:Prof. Dr. Ir. Kholil, MCom
Wakil Ketua:Dr. Prihandoko, MIT
Sekretaris:Dr. Aris Budi Setiawan
Administrasi & Keuangan:Sartono
 
Bidang Kajian:
Statistik & Pembangunan:Prof. Dr. Kholil, MCom
Smart City:Dr. Prihandoko, MIT
Indra Gilang
Dr. Sigit Widiyanto
Pemberdayaan Masyarakat:Pramono Budi, MM
Sosial & Politik:Drs. Sapto Waluyo, MSc
Ekonomi & Keuangan:Dr. Aris Budi Setiawan
Anshari Tarmizie, SE
Kesehatan Masyarakat:Dr. Bambang Wispriono
Pelatihan & Kerjasama:Puguh Widodo